Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Peminatan Kelas XII: Perkembangan Teknologi Persenjataan

SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PERSENJATAAN

Sejarah Perkembangan Teknologi Persenjataan - Pada postingan kali ini kita akan mempelajari materi Sejarah Peminatan Kelas 12 SMA, yakni "Perkembangan Teknologi Persenjataan".

Teknologi persenjataan terus mengalami perkembangan, mulai dari yang paling sederhanya seperti tombak, hingga modern seperti senapan.

A. Perkembangan Teknologi Persenjataan

Teknologi persenjataan selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa. Secara fungsional pada era tradisional senjata digunakan sebagai alat untuk bertahan dan memenuhi kebutuhan. Sedangkan pada era modern penggunaan senjata identik dengan peperangan dan semangat aggressor. Teknologi senjata semakin maju dan menjadi perhatian kolektif sebuah Negara ketika dunia dilanda Perang. Beberapa jenis teknologi senjata yang dikenal antara lain:

1. Senapan
Senapan adalah peralatan mekanik yang dapat menembakan peluru pada kecepatan tinggi. Pendorong yang digunakan berupa bubuk mesiu atau udara yang dipadatkan. Senapan mesin diciptakan oleh John Moses Browning dari Amerika Serikat tahun 1868. Pada Perang Dunia I, Jerman memiliki senapan mesin tipe Maxim MG 08. Senjata ini menjadi andalan Jerman untuk menyerang Sekutu karena mampu menembakan 500 peluru per-menit.
(Gambar: Senapan Maxim MG 08)

2. Tank
Tank adalah kendaraan tempur lapis baja yang bergerak menggunakan roda berbentuk rantai. Tank diciptakan oleh Sri Ernest Swinton Dunlop dari Inggris tahun 1914. Ketika Perang Dunia I berlangsung, sistem parit menjadi pertahanan utama yang digunakan. Sistem pertahanan parit pada akhirnya mampu ditembus oleh Inggris menggunakan Tank Mark V. Tank ini dirancang anti peluru dan dipersenjatai meriam di setiap unitnya.
(Gambar: Tank)

3. Big Hertha
Big Bertha adalah meriam yang dimiliki Jerman bobot ratusan ton dengan kaliber 16,5 inci. Big Hertha dapat ditarik dengan kendaraan militer atau menggunakan penggerak sendiri.
(Gambar: Big Hertha)

4. Paris Gun
Paris Gun adalah granat ringan dengan berat 94 kilogram. Granat yang dikembangkan Jerman ini mampu mengebom musuh dari jarak 100 kilometer.
(Gambar: Paris Gun)

5. Pesawat Terbang
Pesawat terbang adalah pesawat yang mampu terbang diatas udara atau atmosfer. Pada mulanya pesawat terbang tidak dilengkapi senjata, melainkan hanya digunakan untuk kepentingan komunikasi dan pengintaian. Berkat penemuan Roland Garros dari Perancis, pesawat terbang kemudian dilengkapi senapan mesin pada kokpit yang dikendalikan oleh pilot. Pesawat pertama yang dilengkapi senapan mesin adalah pesawat Morane Saulnier milik Perancis.
(Gambar: Pesawat Morane Saulnier)

6. Kapal Selam
Kapal Selam adalah kapal yang bergerak di bawah permukaan air dan umumnya digunakan untuk kepentingan militer. Sketsa kapal selam pertama kali muncul dalam lukisan Leonardo da Vinci pada abad-15. Kemudian sketsa ini diterjemahkan dalam bentuk kapal selam yang sebenarnya oleh Cornelius Van Drebbel dari Belanda pada abad-16. Dalam perkembangannya Jerman berhasil memanfaatkan teknologi kapal selam dengan menciptakan U-boat pada Perang Dunia I. 

U-boat mampu berlayar dibawah air dengan kecepatan 9 knot dan 17 knot diatas permukaan. U-boat dipersenjatai dengan senapan dan tabung torpedo untuk menyerang dan menenggelamkan kapal musuh. Pada Perang Dunia II U-boat berhasil disempurnakan dan popular dengan sebutan U-class. Penemuan kapal selam menandai bahwa perang tidak hanya terjadi di darat, udara, dan atas laut saja melainkan dibawah laut.
(Gambar: Kapal Selam U-Boat)

7. Senjata Kimia
Senjata kimia adalah senjata yang memanfaatkan sifat racun senyawa kimia untuk membunuh,melukai atau melumpuhkan musuh. Senjata kimia biasa berupa gas beracun yang terdiri dari gas belerang organic, gas sarin, gas phosgene, gas klorin, dan lain-lain.
(Gambar: Senjata Kimia)

8. Senjata Biologi
Senjata biologi adalah senjata yang menggunakan bakteri, virus atau organisme lainnya sebagai alat untuk membunuh, melukai atau melumpuhkan musuh. Senjata biologi yang digunakan antara lain Smallpox (cacar), Anthrax, Ebola, Plague (Pes), Tularemia, Botulinum Toxin, dan lain-lain.
(Gambar: Senjata Biologi)

B. Dampak Teknologi Persenjataan

Dampak Positif
  1. Berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Melahirkan jenis usaha baru yang bergerak di bidang persenjataan
  3. Sebagai sarana pertahanan dan keamanan local, nasional, regional, dan global
  4. Membantu pembangunan sarana dan prasarana fisik yang bersifat berat, seperti pembukaan lahan baru atau pertambangan
Dampak Negatif
  1. Menciptakan potensi konflik atau perang antar Negara
  2. Penyalahgunaan persenjataan menjadi senjata pemusnah massal yang mengancam umat manusia
  3. Sebagai alat perburuan dapat mengancam eksistensi mahluk hidup di suatu tempat
  4. Penggunaan biaya yang dikeluarkan sangat besar

Sumber:
Modul Sejarah Kelas XII, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Posting Komentar untuk "Sejarah Peminatan Kelas XII: Perkembangan Teknologi Persenjataan"