Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persamaan dan Perbedaan Manusia Purba dengan Manusia Modern: Aspek Fisik dan Nonfisik

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN MANUSIA PURBA DENGAN MANUSIA MODERN

SAMSULNGARIFIN.COM - Halo sobat pendidikan, pada postingan kali ini kita akan membahas tentang "Persamaan dan Perbedaan Manusia Purba dengan Manusia Modern". Seiring berjalannya waktu, manusia juga mengalami evolusi hingga berbentuk seperti manusia modern seperti sekarang.

persamaan dan perbedaan manusia purba dengan manusia modern

Persamaan Manusia Purba dengan Manusia Modern

Di postingan sebelumnya, sudah dibahas ciri-ciri fisik dan non fisik manusia purba dan manusia modern. Nah kali ini kita akan menelusuri persamaan-persamaan fisik (jasmani/badan) dan persamaan non fisik (pola dan peralatan hidup, kepercayaan dll) antara manusia purba dan manusia modern.

A. Persamaan dalam aspek fisik

1. Bentuk badan
Secara umum, manusia purba dan manusia modern sama-sama memiliki bentuk badan yang tegak. Sejak manusia purba awal (manusia tertua), fosil-fosil yang ditemukan telah menunjukkan bentuk badan dan kaki yang menunjukkan sudah berjalan tegak. Bentuk badan ini semakin berkembang sesuai dengan perkembangan manusia purba tersebut.

Dibanding manusia jenis Australopitecus, manusia jenis Homo Erectus jauh lebih sempurna bentuk badannya dibanding dengan manusia sebelumnya. Demikian pula jenis manusia Homo Neanderthalensis dan Homo Sapiens, postur tubuhnya lebih tegap dibanding manusia pendahulunya.

2. Berjalan dengan dua kaki
Dari Fosil-fosil manusia purba yang ditemukan, meski tidak lengkap tapi telah menunjukkan bahwa manusia purba sejak awal keberadaannya telah menggunakan kaki untuk menopang tubuhnya. Hal ini pula yang membedakan manusia dengan kera dan simpanse/gorila yang masih banyak menggunakan tangan (selain kaki) utnuk menopang tubuhnya). 

Dengan kemampuan berdiri tegak dengan kedua kaki, maka beban tangan untuk menunjang gerakan badan berkurang, dan karena itu tangan dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan lain seperti membuat dan menggunakan alat, mempertahankan diri serta mencari dan mengolah makanan.

3. Tinggi badan
Tinggi badan manusia purba dan manusia modern relatif sama, yakni berkisar antara 110 -200 cm. Manusia purba yang paling mirip ukuran manusia modern sekarang ini adalah jenis Homo Erectus yang manusia dewasa rata-rata memiliki tinggi badan 165 – 185 cm.

4. Warna kulit, warna rambut, dan warna mata
Meski warna kulit manusia purba diperkirakan lebih gelap dibanding manusia modern, tapi secara umum sama, yakni ada yang gelap, kuning, sawo matang dan putih. Demikian pula dalam hal warna rambut antara manusia purba dan manusia modern hampir tidak ada perbedaan, yakni ada yang hitam, pirang, cokelat, putih dan kekuningan. 

Untuk Warna mata, manusia modern dengan manusia purba tidak terlalu jauh perbedaan secara umum ada yang hitam, cokelat, hijau, abu-abu, dan biru. Demikian pula dalam hal Bentuk rambut, ada yang lurus (leiotris), bergelombang (cymotris), seperti wol (ulotris

5. Bentuk hidung
Bentuk hidung manusia purba dan manusia modern relatif sama dari segi bentuk, ada yang tinggi ada juga yang pesek. Ada yang hidungnya besar ada pula yang relatif berhidung kecil.

6. Kedua mata sama-sama menghadap ke arah depan
Manusia purba dan manusia modern memiliki peletakan mata yang kedua-keduanya menghadap ke depan.

7. Tungkai jari dapat digerakkan dengan mudah ke segala arah

B. Persamaan dalam aspek nonfisik

  1. Manusia purba dan manusia modern sama-sama pemakan daging dan tumbuh-tumbuhan;
  2. Manusia purba dan manusia modern sama-sama telah mengenal bahasa;
  3. Manusia purba dan manusia modern telah menggunakan api untuk memasak;
  4. Manusia purba dan manuisa modern telah membuat dan menggunakan peralatan hidup;
  5. Manusia purba senang berburu, demikian pula manusia modern sampai hari ini masih ada yang berburu.

Perbedaan Manusia Purba dengan Manusia Modern 

A. Perbedaan dalam aspek fisik

1. Bentuk badan
Manusia modern memiliki rangka yang lebih ramping dibanding manusia purba, karena manusia modern lebih bergantung kepada teknologi daripada kekuatan fisik untuk menghadapi tantangan alam. 

Berbeda dengan manusia purba, yang lebih mengandalkan kekuatan fisik, sehingga bentuk badan manusia purba lebih kokoh dan kekar. Tinggi badan manusia memiliki manusia purba dan modern relatif hampir sama, yakni di kisaran 110 – 200 cm

2. Bentuk kepala
Ruang tengkorak manusia modern lebih bear di banding dengan manusia purba. Volume otak manusia purba secara umum kurang dari 1000 cc, sedangkan manusia modern lebih dari 1000 cc. Manusia purba juga memiliki bentuk tengkorak kepala atas datar dan bagian belakang lancip, sementara manusia modern memiliki tengkorak kepala atas bulat.

3. Bentuk air muka dan tulang rahang bawah
  • Manusia modern umumnya memiliki dahi vertikal, sedangkan manusia purba memiliki dahi yang miring ke belakang
  • Tulang kening manusia purba juga lebih menonjol dibanding manusia modern.
  • Manusia purba memiliki bubung alis (tonolan lapisan tulang di atas rongga mata) sedangkan bubung alis manusia modern secara signifikan berkurang
  • Tulang rahang bawah manusia purba lurus ke depan sehingga tak berdagu, sementara menusia modern berdagu.
  • Tulang rahang dan gigi manusia purba lebih besar dan kuat dibanding dengan manusia modern
4. Bentuk hidung
Manusia purba rata-rata memiliki hidung yang besar dan lebar dibaanding manusia modern.. Hal ini menurut para ahli selain karena manusia purba mengandalkan gigi untuk menguncah makanan keras, membawa makanan, juga untuk menghirup udara yang lebih banyak di saat cuaca yang dingin.

5. Warna kulit, warna rambut, dan warna mata
  • Warna kulit manusia purba diperkirakan lebih gelap dibanding manusia modern. Selain itu, manusia modern lebih beragam karena masing-masing ras juga dicirikan dengan warna kulit., seperti putih pada ras Nordic, kuning pada orang Tionghoa, sawo matang pada orang Dravida, kuning cokelat pada orang Polynesia, dan cokelat hitam pada orang Negro.
  • Warna rambut ada yang hitam, pirang, cokelat, putih dan kekuningan.
  • Untuk Warna mata, manusia modern dengan manusia purba tidak terlalu jauh perbedaan secara umum ada yang hitam, cokelat, hijau, abu-abu, dan biru. Demikian pula dalam hal Bentuk rambut, ada yang lurus (leiotris), bergelombang (cymotris), seperti wol (ulotris).

B. Perbedaan dalam aspek nonfisik

  1. Manusia purba belum mengenal kepercayaan pada kehidupan setelah kematian, sedangkan manusia modern telah mengenal kepercayaan dan penguburan pada jenazah yang sudah meninggal;
  2. Alat-alat yang dipergunakan oleh manusia purba masih sangat sederhana dan dibuat dengan cara-cara sederhana, misalnya dengan membenturkan atau menggosok peralatan dengan batu. Sementara manusia modern dengan kecerdasan dan kreatifitasnya mampu membuat alat-alat dan teknologi yang beraneka ragam;
  3. Manusia purba belum mengenal perhiasan, sementara manusia modern mengenal berbagai jenis perhiasan, seperti manik-manik, kalung, dan gelang;
  4. Manusia modern mengenal bahasa yang masih sederhana, sedangkan manusia modern sudah mengenal bahasa yang lebih kompleks;
  5. Manusia purba belum mengenal pakaian, sedangkan manusia modern telah mengenal pakaian, yang diawali dari kulit kayu dan kulit binatang, hingga dalam bentuk dan bahan yang kompleks sekarang ini;
  6. Manusia purba hidup secara nomaden dalam kelompok-kelompok kecil. Sedangkan manusia modern telah hidup menetap dan dalam kelompok yang besar;
  7. Manusia purba hidup dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan, sedangkan manusia modern sudah mampu bercocok tanam, beternak hingga dalam bentuk aneka pekerjaan sekarang ini.
Dalam hal sikap, manusia modern juga memiliki ciri-ciri berikut ini yang kurang atau mungkin tidak dimiliki oleh manusia purba:
  1. Berpikir terbuka
  2. Dialogis
  3. Mudah bersahabat
  4. Kreatif
  5. Berpikir positif
  6. Konstruktif dalam berpikir
  7. Bertanggung jawab
  8. Mudah diajak kerja sama
  9. Bisa menahan marah
Demikian postingan tentang "Persamaan dan Perbedaan Manusia Purba dengan Manusia Modern: Aspek Fisik dan Nonfisik".

Semoga bermanfaat, salam pendidikan!!!

Posting Komentar untuk "Persamaan dan Perbedaan Manusia Purba dengan Manusia Modern: Aspek Fisik dan Nonfisik"